Minggu, 04 Januari 2015

Kebiasaan Baik Orang-Orang Produktif


Tugas kantor, laporan mingguan, email yang menumpuk, apakah sering membuat Sobat Gemintang kewalahan mengatur waktu sehingga Anda seringkali merasa kesulitan menjadi seseorang yang produktif? Dosen senior dari sekolah bisnis Harvard, Robert Pozen, mengatakan kunci menjadi produktif adalah mengetahui skala prioritas dan tujuan Anda menjadi seorang yang produktif. Untuk itu, yuk ketahui kebiasaan baik orang-orang produktif yang bisa kamu contoh berikut ini.

1. Mengetahui pekerjaan apa saja yang mesti diselesaikan terlebih dahulu

Orang-orang yang produktif mempunyai kebiasaan menulis hal-hal apa saja yang mesti ia lakukan saat bekerja: dari mulai hal yang kecil hingga besar. Lalu membagi hal-hal tersebut menurut skala kepentingannya. Mereka juga memahami pekerjaan apa saja yang harus diabaikan sejenak dan tidak panik saat diperhadapkan dengan tugas-tugas baru.

2. Tahu mana yang penting dan mendesak

Pahami, teliti dan catat hal-hal atau pekerjaan apa saja yang penting dan mendesak karena sudah jelas dua hal ini sangat berbeda. Itulah mengapa dikatakan Anda perlu mengatur skala prioritas dan mampu membedakan mana yang penting dan mana yang mendesak untuk segera dikerjakan.

3. Think Win-Win

Setiap orang punya kepentingan, tapi bukan berarti Anda bertindak egois dengan mengerjakan prioritas yang menguntungkan Anda dan merugikan orang lain. Salah satu kebiasaan baik orang-orang produktif adalah mereka mempunyai cara berfikir win-win. Memang terasa sulit untuk mempraktekan kebiasaan yang satu ini, tapi selagi Anda mempunyai rasa empati terhadap situasi-kondisi yang dihadapi orang lain, percayalah, segalanya akan terasa mudah.

4. They handle things once

Rahasia lain menjadi seorang yang produktif dikatakan Pozen yaitu dengan menggunakan strategi OHIO atau “Only Handle It Once”. Ketika Anda telah memilih pekerjaan mana yang akan Anda tangani maka selesaikan hal tersebut hingga tuntas dan barulah kembali mengerjakan hal lain. Hal ini tentu saja membuat Anda tidak membuang banyak waktu untuk melakukan sisa-sisa pekerjaan yang terbengkalai.

5. Jadi sosok yang proaktif

Lakuka segala sesuatu maupun hal-hal yang menjadi prioritas Anda dengan sepenuh hati tanpa ada paksaan. Hal apapun yang dilakukan dengan sepenuh hati tanpa paksaan akan membuat hasil pekerjaan Anda baik dan berjalan lancar.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar